Senin, 17 Maret 2014

Apa Yang Membuat Penumpang Pesawat Berbahagia?

Apa Yang Membuat Penumpang Pesawat Berbahagia?



Apakah rahasia dalam bepergian dengan maskapai penerbangan yang bisa membuat bahagia terletak pada fasilitas wi-fi dan senyum para kru pesawat? Berdasarkan survei yang baru-baru ini dilakukan oleh firma pemasaran, JD Power & Associates, dua faktor tersebut bisa jadi iya.

Jawaban itu diketahui dari respons 11.800 penumpang pesawat yang terlibat dalam survei North America Airline Satisfaction Study 2013. Survei ini untuk mengetahui faktor apa dalam maskapai penerbangan yang berpengaruh terhadap kepuasan penumpang. Seperti faktor biaya dan tarif tiket; pelayanan saat boarding, penerbangan, pendaratan dan klaim bagasi; kru pesawat; kondisi pesawat; pelayaan saat check-in; dan reservasi. Penumpang-penumpang yang disambut oleh kru penerbangan dengan senyuman mengaku puas dengan poin skor antara 105 dan 211, lebih tinggi ketimbang jawaban penumpang yang merasa tidak disambut hangat. Survei itu juga menemukan bahwa penumpang yang mendapatkan fasilitas wi-fi mengaku lebih bahagia dengan poin skor lebih besa yakni 39, dibanding mereka yang tidak mendapatkan fasilitas serupa.

Masalah kepuasaan penumpang pada saat penerbangan merupakan isu yang penting yang mana sebuah perusahaan bisa mereguk keuntungan dari poin kepuasan. Sebagai contoh situs online yang masih tergolong start-up, Routehappy, muncul dengan konsep pencarian maskapai penerbangan berdasarkan "Faktor Kebahagian" yang mempertimbangkan kenyamanan tempat duduk, susunan tempat duduk, kualitas pesawat, kecepatan penerbangan, ketersediaan wi-fi dan pilihan hiburan. Jadi situs ini mempermudah calon penumpang memilih penerbangan yang bisa memberikan pengalaman yang berharga selama pertimbangan ketimbang harga tiket pesawat.

Walau survei di atas menjadikan penumpang yang mobilitasnya di sekitar Amerika Utara sebagai responden, bukan berarti hasil survei ini tidak berlaku seutuhnya bagi penumpang pesawat di Indonesia. Sebab jawaban-jawaban para responden bisa dikatakan common factors yang bisa membuat seorang penumpang merasa puas dalam perjalanannya dengan pesawat terbang. Tapi hasil survei itu tampaknya hanya berlaku bagi calon penumpang yang menjadi target situs Routehappy, yakni mereka yang sudah tidak lagi memusingkan harga tiket, tapi lebih memilih untuk memiliki pengalaman yang bahagia. Nah, bagaimana dengan Anda? Sudahkah menemukan kepuasan saat berada dalam pesawat?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar